Laporan harian #46 [ Waspada, Slang Girboks Skubek Gampang Masuk Air! ]


Tips Transmisi Skubek
Waspada, Slang Girboks Skubek Gampang Masuk Air!

Berlaku untuk semua Tipe Matik!
Posisi slang ventilasi udara girboks di skubek rata-rata ada di atas, begitu juga arahnya. Meski di tempatkan di area paling aman, tapi tetap bukan jaminan kalau oli girboks aman dari ancaman debu atau air.

Contoh di matik Honda BeAT atau Vario yang slang ventilasinya ada di atas rumah CVT. Slang itu hanya diselipkan pada boks filter udara tanpa diikat kuat.

“Karena cuma diselipkan, begitu copot dan terkikis ban belakang, air pun mudah jadi masuk. Biasanya itu terjadi saat motor lagi dicuci. Slang terlepas tanpa diketahui hingga memudahkan air masuk,” terang Abdul Syukur alias Adung, mekanik Honda BeAT Club Jakarta (HBCJ).

Untuk mengetahui gejalanya, Adung bilang dapat terdeteksi dengan keluarnya cairan berwarna putih susu dari lubang pembuangan girboks saat dikuras. Tentu bukan susu betulan, Cairan itu merupakan campuran oli dengan air.

Kalau sudah terjadi seperti itu, segera pantau keberadaan posisi slang ventilasi. Kalau memang tidak ingin terjadi berulang, segera tempatkan kembali ke posisi aslinya. Beres dan untuk sementara masalah slang geser bisa teratasi.

“Tapi, kalau bagian tengah slang sudah sobek akibat tergesek ban belakang, ya harus segera diganti baru. Ujung slang ditancapkan ke pipa ventilasi dan ujung satunya ke boks filter udara,” pesan mekanik dari Jl. Z, RT. 10/5, Kalapa Dua, Jakarta Barat.

Cuma berhubung slang asli yang berwarna hitam pekat sulit didapat, Adung menyarankan diganti slang bensin yang punya kelir abu-abu. Kebetulan mudah didapat dan juga murah di harga jual. Dan untuk selanjutnya, pemilik motor tinggal menentukan ukuran diameter yang diinginkan. Trik ini juga berlaku untuk semua merek matik. Atau kalau memang matiknya sampai mogok coba klik disini ya… 🙂

Percaya, deh!

Sumber : otomotifnet.com

Artikel lainnya :

Iklan