Laporan harian #50 [ Memilih helm. . . ]


Hari yg indah yak kem? rasanya hari ini terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Sambil menikmati hari saya mencoba menuangkan pemikiran yang terbatas ini tentang memilih helm, semoga bisa menjadi pertimbangan tokem2 semua saat membeli helm.

Pelindung kepala atau yg biasa kita namai Helm bagi pengendara roda dua adalah salah satu hal yg termasuk dalam kategori keselamatan dlm berkendara, pungsinya pun sungguh dirasa vital sebab tanpa adanya helm atau pelindung kepala ini, sedikit saja kepala kita terkena benturan baik itu berupa batu2 pasir yg bercampur debu, atau terjatuh saat mengendarai sepeda motor, resikonya bisa sangat berbahaya bagi sipengendara yg bersangkutan.

Memilih pelindung kepala atau helm pun, di rasa perlu mempertimbangkan alasan2 berikut ini :
pertama kwalitas helm, ke dua kenyamanan helm saat digunakan, ke tiga kadar berat helm, ke empat pilihan kaca helm,

Kwalitas helm yg baik saya kira adalah helm yg mempunyai ketebalan yg kuat serta tahan banting. Dimana cangkang helm bisa benar2 melindungi bagian isinya, dan berlogo SNI
Kenyamanan helm saat di pakai perlu juga di perhitungkan, karena bila menempuh satu jarak yg cukup jauh dengan kondisi helm yg tidak nyaman bisa2 merepotkan juga, kondisi merepotkan tsb bisa jadi karena helm terlalu sempit ataupun kebalikannya trelalu longgar, oleh karenanya sebelum helm tsb kita beli ada baiknya sewaktu di toko kita cobain saja dulu.

Kadar berat pelindung kepala atau helm ini sudah termasuk ke dlm kategori kenyamanan helm sewaktu dikenakan. Tinggal bagai mana tokem2 sekalian memperhitungkannya, karena helm yg terlalu berat bahkan terlalu sempit sekalipun ahirnya hanya akan menyiksa pemakainya sendiri.

Memperhatikan keadaan di depan kendaraan atau jalan yang dilalui erat kaitannya dg kaca helm yg terpasang pada helm tsb, tokem2 bisa memilih sesuai selera bisa dengan kaca mika yg bening ataupun gelap, disarankan untuk tidak memakai helm yg berkaca cembung atau plus karena dapat mengganggu penglihatan serta jarak pandang kita kedepan.

Demikian alasan2 yg bisa showroom79 displaykan. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membeli helm atau pelindung kepala, membudayakan memakai helm saat mengendarai roda duanya serta tidak asal hanya pakai helm, seperti helm cakil atau cetok. Helm ini dilihat dari segi keselamatannya jauh dari yg namanya melindungi, karena helm cetok ini cocok di pakai hanya oleh tukang bangunan, nah jadi jgn asal pakai helm saja yak. Pak polisi pun kalau melihat pengendara motor yg tidak memakai helm yg sesuai kriteria yg sudah di sebutkan bisa langsung tiup semriwitannya lho. . . πŸ™‚

Recent Posts :

Iklan

12 thoughts on “Laporan harian #50 [ Memilih helm. . . ]

  1. Saya punya motor 1 tapi helmnya ada 3. hehehe
    dikost jadi tempat peminjaman helm aja.
    Tapi yang 1 (yang paling mahal, ga saya pinjemin).pelit? ga apa2 deh. πŸ˜€

    Btw, makasih infonya ya Bang. Lumayan siapa tau mau beli helm ke-4. hehehe

Komentar ditutup.