Laporan harian #56 [ Ganti Ban Baru. . . ]



23 mei 2011

Diantara tanda -tanda kendaraan minta di ganti pada ban luarnya adalah karena sudah menipisnya kembang- kembang atau uliran- uliran  garis pada ban tsb, kebanyakan tokem mungkin menamainya dengan ban yang sudah botak.

hal ini jika tidak mendapat perhatian langsung dari sipengguna kendaraan dapat membawa kesengsaraan tersendiri untuk sipengguna.

apa saja sih kesengsaraan yang timbul akibat ban yang sudah minta diganti ini ? mungkin kurang lebih seperti ini :

pertama sering mengalami kempes ban   

sudah tentulah, karena ban yang sudah dundul atau botak ini sekiranya tidak akan kuat menahan jutaan tusukan benda- benda yang dilindasnya terlebih dengan ditambahnya beban dari si pengendara sendiri, jadi dapat diperkirakan volume kerentanannya sangat besar.

Kedua licin atau mengalami slip saat melindas garis putih

garis putih yang saya maksud disini adalah garis putih yang ada ditengah atau di pinggir jalan raya yang oleh para pengatur lalulintas disebut juga sebagai garis marka jalan. Khususnya para pengendara roda 2 atau motor jika melindas garis putih marka jalan ini akan menyebabkan kendaraan terasa sedikit kepat- kepot seperti lost control  dan terasa licin.

Ketiga berkurangnya daya cengkram ban saat di jalan

Daya cengkram atau katakanlah daya gigit pada ban yang sudah gundul tentu saja tidak sehebat ban baru, sementara jika seorang pengendara sedang dituntut untuk mengejar waktu perjalanan, tak peduli itu dijalan beraspal atau tidak, hal ini akan terasa memperlambat jarak tempuhnya juga tentunya.

Demikianlah, kurang lebihnya kerugian yang dapat dirasakan akibat gundulnya ban kendaraan, jadi tunggu apa lagi segera ganti ban lama tokem sekalian dengan yang baru, agar perjalanan senantiasa nyaman tentram dan selamat sampai ditujuan. :mrgreen:

Recent Posts :

Iklan

4 thoughts on “Laporan harian #56 [ Ganti Ban Baru. . . ]

  1. Banku ngelindes paku,ban sepeda mtor..Jauh bnget dri bengkel, pdhal ban dalem bru beli 1mingguan,aku gak drong mtor itu,tpi aku naiki dngn paku masih menancap di ban,,di perjalanan mungkin terobek2 ban dalemnya, pas diperiksa sama tukang tmbal ban ada 7 yang blong, kata tukang tmbal bannya gini: wah mas slah niihh: seharusnya tadi mas cabut pakunya dlu kalo mau dinaiki seperti itu
    dngn muka bego,,aku jawab yaudah deh mas g usah ditambal,ganti aja yg bru..itu pas tgl tua lgi,, haseemmm…pdhal aku kan anak kosan…jadi mngurngi jatah mkanku tanpa mgurngi jtah ngeblog..hihihi

Komentar ditutup.