Laporan Harian #62 [ Marketing…… ]


Mungkin buat sebagian orang membicarakan dunia Marketing adalah hal yang sangat membosankan, jadi mohon ma’af buat yang tak suka dengan marketing. Karena pada Laporan harian #10 ini, saya sengaja menulis tentang ini.

Ada banyak bertebaran para marketing di dunia ini, dari yang mulai berbaju kaos sampai yang berkemeja serta berjas. mulai dari yang bermotor sampai yang mengendarai mobil.

Gaya hidup para marketing ini umumnya seperti yang sudah sering kita jumpai yaitu  tidak adanya kata tidak bisa dalam kamus mereka, mau begini ayoo mau gaya seperti itu oke- oke saja. Dengan sedikit bumbu penampilan yang dipoles sedemikian rupa agar terkesan wah.

Sudah menjadi tuntutan profesi agar penampilan selalu rapi, bau badan tidak boleh lepas dari deodoran serta sebisa mungkin senyum lebar selalu terhias di wajahnya, agar terkesan ramah dan terlihat smart. Belum lagi bahasa tubuhnya jika sedang mempresentasikan produknya dihalayak ramai.

Marketing atau dalam bahasa kita adalah Pemasaran yaitu proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.

Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.

Nah, sungguh hebat jika seorang marketing mampu menjual banyak produk yang di tawarkannya, tetapi tetap menjaga kwalitas after salenya. Karena bagai mana pun seorang marketing adalah seorang manusia dan menjual produknya juga pada manusia pula.

  Oya kem, menurut anda gambar di samping ini, apakah termasuk kedalam kategori seorang marketing atau seorang sales ? Karena waktu memphoto ini saya kepikiran juga, kalau hanya untuk ukuran seorang pemilik warung….. tapi, koq belanjaannya sebanyak itu yak ? hahahaha….. Abangnya saja sampai tidak kelihatan karena tertutup muatan.

Baiklah, cukup sekian tulisan yang bisa saya tulis pada laporan harian kali ini, salam PDCA [plan- do- chek- action], dan sukses selalu buat Tokem- tokem semua….

Recent Posts :

Iklan

4 thoughts on “Laporan Harian #62 [ Marketing…… ]

Komentar ditutup.