Laporan harian #72 [ Mengenal Jenis- jenis Kendaraan Roda 2 ]


Gambar buah pisang


Berbicara soal kendaraan roda dua, ada banyak sekali cakupannya, sebutlah sepeda, scooter electric/ listrik, goped, maupun motor. Dari berbagai cakupan itu tadi, masih terbagi lagi dalam berbagai jenis atau tipe yang juga beragam. Misalnya sepeda, ada jenis mountain bike, dari goped, ada tipe off road, dan lain sebagainya. Untuk motor apalagi, mulai jenis bebek (underbone), sport, touring, scooter, trail dan masih banyak lagi. Kesemuanya merupakan sebuah definisi yang cukup luas akan kendaraan beroda dua.

Namun, kali ini kita akan membahas sepeda motor dalam porsi yang lebih banyak dibandingkan dengan kendaraan roda dua jenis lainnya. Kenapa? Sebab motor saat ini merupakan hot issue yang pantas untuk dibicarakan. Motor kini menjadi sebuah alat transportasi primadona di Jakarta jika tidak ingin dibilang fenomenal. Disebut demikian sebab dengan semakin crowded-nya lalu lintas di Jakarta, banyak kaum urban metropolitan yang mengalihkan alat transportasinya dari mobil ke motor. Alasannya pun cukup masuk akal. Praktis dan efisien dari banyak sisi. Praktis karena tidak perlu mengantri lama di saat macet, mudah mencari tempat parkir, dan lain-lain. Efisien karena biaya transportasi sudah pasti jauh lebih irit dibanding dengan mobil. Di samping itu, hemat waktu juga menjadi alasan utama. Sampai rumah tepat waktu sehingga bisa menghabiskan waktu lebih lama dengan keluarga (bagi yang telah berkeluarga), atau bisa beristirahat lebih lama di rumah daripada bermacet-macetan di jalan raya menjadi faktor yang cukup membuat motor menjadi pilihan.

Tak ada lagi gengsi maupun rasa segan untuk berpanas-panasan atau bergelut dengan debu jalanan, asalkan tujuan bisa dicapai dengan segala kemudahan. Bahkan tak jarang, para kaum urban yang tadinya menjadikan sepeda motor sebagai alat untuk having fun, pleasures dan alat transportasi kala weekend, kini juga mengalih fungsikan kendaraannya menjadi kendaraan harian. Namun umumnya mereka tidak membiarkan tungganannya tampil seadanya, melainkan didandani sedemikian rupa agar tetap bisa mencerminkan si pemiliknya dan menambah rasa percaya diri kala mengendarainya.

Berikut ini akan kita ulas beberapa contoh jenis kendaraan roda dua (tak hanya motor) yang bisa digunakan baik untuk sekedar fun, pleasures, daily use maupun gabungan dari ketiganya. Ulasan kali ini tak hanya mengenai jenisnya saja, namun juga coba mengulas tentang dandanan apa saja yang sekiranya cocok dan sedang tren diterapkan di kendaraan roda dua.

Sepeda motor  Lowrider

Motor low rider

Motor low rider

Sepeda yang aslinya dari Amerika Serikat ini memang ditujukan untuk sekedar bersenangsenang, umumnya di kala libur atau saat weekend. Pemakaiannnya pun biasanya tidak terlalu jauh, mungkin jarak dekat seperti seputaran komplek perumahan.
Untuk dandanan banyak mengaplikasikan pernak-pernik dari sepeda tua dan juga didandani mengarah ke vintage, namun dengan tampilan bling-bling. Aksen chrome atau gold plate juga cukup mendominasi.

Goped

goped

Sebuah kendaraan alternatif beroda dua yang sempat kondang di Jakarta. Disebut alternatif sebab tadinya Goped ini hanya berfungsi untuk sekedar fun dan pleasures, seperti untuk balapan maupun sekedar jalan-jalan. Namun, makin ke sini, ada beberapa orang yang mulai tertarik untuk menggunakan Goped sebagai kendaraan sehari-hari dengan alasan kepraktisannya. Mudah dikendarai, irit, tak perlu surat-surat kendaraan dan bisa ditenteng menjadi beberapa alasan lainnya.
Freestyle

free-style

Freestyle, sebuah permainan baru yang sedang cukup heboh, dengan menggunakan motor sebagai medianya, inti dari freestyle ini adalah mengontrol motor semaksimal mungkin dengan gaya-gaya yang cukup ekstrem kalo tidak mau dibilang berbahaya. Untuk permainan ini setiap jenis motor bisa digunakan, karena yang memegang peranan paling penting adalah si pengemudi motor itu sendiri. Di himbau untuk para pemula nih… Don’t try this at home, ok !
Skuter matik (Skutik)

Honda PCX

Honda vario-cw

Mio-cw

Salah satu spesies motor yang saat ini sedang booming. Popularitasnya kian hari kian meningkat, akibat berbagai macam kemudahan mengemudi dan perawatan yang ditawarkannya. Apalagi dibarengi dengan turut bermainnya merek-merek besar, seperti Kymco, Yamaha, Suzuki dan juga Honda yang memenuhi pasar dengan dukungan layanan purna jualnya. Di samping itu, bentuk yang manis serta enak dan mudah untuk didandani juga menjadi alasan banyak orang memilih jenis motor yang satu ini. Ditambah lagi dengan banyaknya toko-toko yang menjual aksesorisnya.

Vintage Vespa

Vesva Vintage

Skuter yang tetap bertahan selama 60 tahun sejak kelahiran pertamanya ini memang merupakan motor yang cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan. Baik tua maupun muda, banyak yang memilih skuter klasik ini sebagai kendaraan kebanggaannya. Alasannya beragam, mulai dari melestarikan peninggalan orang tua, ingin tampil klasik atau memang hobi mengoleksi motor antik.
Untuk mesin, biasanya Vespa klasik ini mengusung mesin orisinil atau paling hanya peningkatan di sektor pengapian dan karburator. Namun untuk beberapa jenis tertentu, mesin standar dirasa masih cukup mumpuni untuk penggunaan sehari-hari. Dan dengan dandanan yang eksentrik, mengendarai Vespa klasik sebagai kendaraan sehari-hari tentu merupakan suatu hal yang cukup unik.

New Vespa

Vesva new

vesva liberty

Merupakan the reborn of a legend. Setelah bertahun-tahun bertahan dengan bentuknya yang tidak berubah-ubah, Vespa mengeluarkan line up barunya di era millennium dengan wajah baru yang sarat perubahan untuk beberapa jenis. Tak hanya wajahnya yang diperbaharui, teknologinya pun mengikuti perkembangan zaman, terutama kemudahan dalam mengendarainya. Sebutlah Vespa ET4, Liberty, Gilera atau X9 yang bentuknya sangat fresh dan mengusung teknologi mesin 4 langkah bertransmisi otomatis. Selain dengan line up model dan wajah barunya, Vespa juga mengeluarkan versi baru dari beberapa tipe lamanya, seperti New PX atau Corsa yang juga cukup laris manis di pasaran. Untuk dandanan, biasanya banyak yang mengaplikasikan gaya retro vintage, namun tak jarang pula yang mendandaninya dengan gaya yang cukup centil, terutama untuk tipe ET4 dan Liberty. Pemasangan windshield, spion tinggi, ban white wall, tas Piaggio, American side lamp dan permainan grafis di body sudah merupakan hal yang umum dilakukan. Idenya pun bermacam-macam, dari dunia fashion, video games, motor polisi di suatu negara dan masih banyak lagi. Aksesorisnya pun sangat banyak jenis, merek dan pilihannya. Pilihan aksesori yang lumayan beragam inilah yang akhirnya juga menimbulkan banyak kreatifitas para pengguna New Vespa untuk mengekplorasi dandanan kendaraannya. Model yang cantik, ditambah dengan kemudahan dalam mengeksplorasi dandanan, lalu diikuti dengan teknologi terkini tentu menjadi senjata ampuh untuk memikat hati customer. Maka tak heran jika beberapa line up Vespa baru yang diedarkan di Indonesia terjual habis laris manis dan menjadi pilihan kendaraan bagi kaum urban masa kini, yang selain untuk fun and pleasures, juga dapat digunakan sebagai kendaraan harian yang tetap tampil gaya.

Trail – Motocross dan Supermoto

Motocross

Trail kembali marak menghiasi jalanan ibu kota dengan dandanan yang juga tak kalah menarik, terutama setelah merk Hyosung Bosowa RX125 datang menemani Suzuki TS yang lebih dulu ada di pasaran. Umumnya ada dua dandanan yang bisa diaplikasikan di Trail, yaitu gaya Motocross dan gaya Supermoto. Kelebihan dari kedua jenis modifikasi ini selain bisa digunakan untuk fun dan pleasure seperti bermain di hutan dan off road untuk motocross dan supermoto, atau juga bermain freestyle untuk supermoto, kedua gaya ini juga tetap layak untuk dipakai harian. Dan karena motornya besar dan kokoh sudah pasti lebih gaya dan keren dilihatnya, dan
berkesan gagah tentunya.

Harley Davidson

Harley Davidson

Siapa yang tidak kenal Harley Davidson? Simbol kebebasan yang mungkin menjadi impian setiap bikers untuk memilikinya. Motor yang satu ini banyak sekali aliran modifikasinya, beberapa di antaranya yang cukup popular seperti Stock Custom, yaitu memodifikasi tanpa merubah dimensi motor, Bolt On, yaitu pemasangan aksesoris sesuai dengan jenis HD tertentu, atau Pro Street, dimana modifikasi lebih diarahkan kepada performa mesin HD, ada juga yang disebut Chopper, dimana dilakukan perubahan pada dimensi motor, seperti perenggangan rake (sudut kemiringan shock breaker depan), perubahan stang, dan masih banyak lagi. Chopper ini sendiri masih dibagi lagi dalam beberapa kategori seperti mild chopper, wild chopper, extreme chopper, classic chopper, old school chopper dan juga bobber yang merupakan urat dari traditional chopper yang telah ada sejak tahun 30-40an. beberapa gaya dandanannya, ada Japanese style, European style, Swedish Style, American style dan lain-lain, Dan masing-masing style itu punya ciri khas tersendiri, misalnya Swedish dengan shock panjangnya, European dengan gaya klimis dan rapihnya, dan masih banyak lagi. Kira-kira begitu deh beberapa gambaran modif HD yang sebenarnya masih banyak banget untuk disebutin satu persatu .Kalo di Indonesia sendiri, yang cukup banyak adalah aliran Stock Custom, European style, Pro Street dan Chopper. Tapi sekarang-sekarang ini mulai banyak juga yang memilih Bobber atau Old school chopper sebagai dandanan HD-nya.

Sumber :

http://www.videogamesindonesia.com/forum/archive/index.php?t-41792.html

http://www.google.co.id/gambar

Recent Posts :

Iklan

6 thoughts on “Laporan harian #72 [ Mengenal Jenis- jenis Kendaraan Roda 2 ]

Komentar ditutup.