Gambar

Laporan harian #81 [ 4 Langkah mudah memperpanjang pajak kendaraan kuda besi/ motor ]


Assalamualaikum,wr.wb

Tokem semua, secara tidak sengaja kebetulan saat itu saya kebagian duduk di

samsat kota bekasi.

bangku deret ke 5 pada saat menunggu giliran nama saya dipanggil oleh petugas samsat. Waktu itu kejadiannya setelah saya turun dari lantai 2 samsat kota bekasi, karena yang terdekat serta yang terlihat pada saat itu bangku deret ke 5, maka tanpa pikir panjang lagi saya pun memburu  bangku itu untuk menunggu panggilan bapak petugas. Lalu duduklah saya  di sebelah  seorang pria yang rupanya sudah sedari tadi menunggu namanya untuk dipanggil petugas, saya tidak terlalu memperhatiakan pria disebelah saya karena memang kelakuannya juga tidak ada sedikitpun terlihat sedang kebingungan.

Tak lama kemudian, pria disebelah tadi berkata seperti ini ke saya : Mas,baru datang ya?, iya, Jawab saya. Saya dari tadi mas, tapi koq punya saya belum dipanggil- panggil ya !. Nada bicaranya bercampur rasa was-was. Sambil terdenyum, saya pun mencoba menjawab dengan berkata : Di tunggu aja mas, nanti juga dipanggil. Ngak perlu khawatir terlewat mas.

Mungkin gambaran percakapan diatas tadi menjadi pertanda bahwa ada sebagian diantara saya dan tokem semua yang belum atau memang pertama kalinya dalam hidup, untuk melakukan perpanjangan pajak motor secara datang langsung ke kantor samsat dan tanpa melalui calo. Untuk itu, izinkan saya berbagi cerita dan pengalaman ini, mudah-mudahan dengan tulisan ini bisa menjadi acuan tokem semua dalam memperpanjang pajak STNK motornya.

Ada baiknya, sebelum kita melangkah ke samsat. Kita mengenal biaya- biaya apa saja yang akan kita bayar, selain biaya parkir. Berikut ini tabel contoh biaya yang akan dibayar :

POKOK

SANKSI ADM.

JUMLAH

BBN-KB

0

0

0

PKB

136.500

0

136.500

SWDKLLJ

35.000

0

35.000

BIAYA ADM STNK

0

0

0

BIAYA ADM.TNKB

0

0

0

JUMLAH

171.500

0

171.500

Pada umumnya jumlah yang harus dibayar pada saat memperpanjang STNK adalah hanya PKB + SWDKLLJ atau yang saya warnai merah pada tabel diatas, dan tentunya diluar DENDA karena keterlambatan. Jadi tokem bisa memperkirakan saat ini berapa biaya yang harus dibayar pertahunnya untuk motor yang tokem pakai saat ini.

Adapun mekanisme proses pembayarannya kurang lebih seperti berikut ini :

PENDAFTARAN LOKET I LOKET II LOKET III
Pada tahap ini pertama- tama tokem datang dan meminta formulir pendaftaran. Setelah proses pengisian pendaftaran selesai, lalu berlanjut ke LOKET I. Di sini tokem menyerahkan formulir pendaftaran tadi beserta kelengkapan dokumen. Lalu kembali menunggu panggilan petugas dan biasanya diminta menunjukkan BPKB aslinya. Dan tokem mendapat satu tanda terima berkas. Di loket II ini ditentukanlah jumlah biaya pajak yang harus tokem bayar.Dengan terlebih dahulu memperlihatkan tanda terima pada saat selesai dari loket I. Pengambilan STNK,

SELESAI.

Untuk pemilik kendaraan yang masih kredit dan BPKBnya belum ada, tokem bisa meminta SKL (Surat Keterangan Leasing) terlebih dahulu, ke kantor dimana tokem mengkredit.

Demikianlah kurang lebihnya, dan saya ucapkan selamat mencoba :mrgreen: :mrgreen:

Photo dari sini

3 thoughts on “Laporan harian #81 [ 4 Langkah mudah memperpanjang pajak kendaraan kuda besi/ motor ]

Komentar ditutup.