Gambar

Laporan harian #86 [ Motor skutermatic jadi andalan ]


Sejarah pertama kalinya motor matic diluncurkan menurut penuturan salah seorang senior penjualan di salah satu dealer resmi Yamaha menuturkan bahwa pertama kalinya motor ini diluncurkan banyak kendala serta keragu-raguan dari para calon pembelinya sendirinya. Hal ini di sebabkan karena masih awamnya pengetahuan para pengguna sepeda motor itu sendiri terhadap teknologi motor matic .

Namun karena kegigihan serta kerja keras para ujung tombak penjualan hingga akhirnya lambat laun semua keragu- raguan itu hilang. Hingga sa’at ini motor matic bisa dikatakan cukup cemerlang serta sukses menggeser penjualan motor bebek yang sebelumnya cukup dijagokan. Hal ini dapat terlihat dari table penjualan Januari sampai Juli 2011  dimana kelas motor matic mengungguli penjualan motor bebek.

Perlahan namun pasti, tahun ini pasar sepeda motor Indonesia, komposisinya mulai berubah. Jenis bebek, sejak akhir 80-an mendominasi, kini pamornya terus mengalami penurunan. Posisinya mengecil karena dikalahkan oleh skutik.

Berdasarkan data AISI, penjualan sepeda motor bebek dari Januari sampai Juli 2011 tercatat 2,4 juta unit (sama dengan tahun lalu). Pangsanya selama 8 bulan 2011 hanya 39,6 persen dari total penjualan yang telah mencapai 5,4 juta unit. Itu berarti trend permintaan bebek di Indonesia terus menurun atau berbanding terbalik dengan skutik.

Untuk Jabodetabek, lanjut Loman, pangsa skutik saat ini sudah 50 persen, di Bali lebih besar lagi sampai 60 persen. Hanya di beberapa kota di Sumatera masih dibawah 50 persen.

Sementara itu, Branch Manager Manada Multi Finance, Ade Jefri mengatakan penjualan bebek terus menrurun. Perbedaannya dengan skutik –terus tumbuh- makin membesar. Sampai akhir tahun ini, pangsa bebek hanya bertahan di level 40 persen sedangkan skutik 55 persen. Sisanya 5 persen untuk sepeda motor sport.

*** Sumber dari SINI


*** Video dari  [youtube=http://youtu.be/TdhQC10yGco

Iklan

5 thoughts on “Laporan harian #86 [ Motor skutermatic jadi andalan ]

Komentar ditutup.