Kutipan

Ayo kelola THR


English: Hari Raya Background and PatternTunjangan hari raya seharusnya menjadi dana yang cukup untuk kita gunakan dalam menyambut lebaran, jika kita bisa cermat mengelolanya. Tetapi tidak sedikit dari kita keberadaan dana THR justru terasa kurang untuk menyambut Lebaran, hal ini karena kurang cermat dalam pengelolaannya. Lebaran yang tinggal beberapa hari lagi semoga tidak sampai menghabiskan gaji karena kurangnya dana THR yang ada. Menurut seorang ahli, ada beberapa kesalahan yang sering dibuat keluarga dan juga hal yang harus dihindari dalam penggunaan THR, berikut ini adalah beberapa kesalahan yg sering dibuat keluarga diantaranya;

 

Tidak membuat anggaran penggunaan dana THR. Yang mengakibatkan, pengeluaran tidak terkontrol

Menjadikan pertemuan keluarga sebagai ajang pamer keberhasilan. Enggak bener ini sih makna dari lebaran adalah merayakan hari kemenangan dan bermaaf-maafan.

Berutang untuk biaya hari raya. Ini wajib dihindari, jangan menggali lubang yang nantinya bisa mengubur kita sendiri kem.lebaran masih bisa dilakukan secara bersahaja saja, bila perlu tahan saja dulu keinginan untuk pulang kampung (mudik)

Sementara hal-hal yang harus dihindari dalam penggunaan THR. Mengatur pengeluaran saat ramadhan dan lebaran agar kondisi keuangan stabil usai hari raya, hindari hal berikut ini;

1. Menyajikan makanan berlebihan
2. Membeli sesuatu karena keinginan,bukan kebutuhan.
3. “ngabuburit” atau jalan-jalan di toko atau mall. Ini malahan akan membuat kita merasa punya banyak kebutuhan.
4. Memamerkan barang atau gadget baru.
5. Bersaing dengan keluarga lainnya dalam hal barang-barang konsumtif.
6. Bagi-bagi hadiah Lebaran tanpa rencara. Berikanlah uang pada orang yg benar2 membutuhkan.

7. Menggunakan kartu kredit sebagai dana tambahan untuk lebaran.

Kiat mengelola THR

Ada beberapa langkah yang baik dalam membuat anggaran untuk hari raya, apa sajahkah langkah-langkahnyah?

Selesaikan zakat yang belum di bayar

Tuliskan berapa besar uang yang akan kita terima dari boss

Tentukan. Apakah kita akan merayakan lebaran di rumah atau kampung halaman nan jauh di mato. Bila merayakan di rumah, perlukah menyiapkan makanan untuk tamu yang datang atau kita sekeluarga yang akan bertamu? Bila akan kedatangan banyak tamu, siapkan makanan lebaran secara terkendali.

Rencanakan apa saja yang akan dimasak, perlu diingat kekhidmatan lebaran tidak diukur dari banyaknya sajian makanan. Jadsi, untuk makanan kecil, aturlah toples yang akan dikeluarkan. Tidak perlu mengeluarkan seluruh toples makanan, keluarkan misalnya tiga sampai empat macam kue sajah. Sisanya disimpan sajahlah, supaya ketika masih ada tamu yang hadir kita tidak perlu membeli kue lagi.

Pikirkan. Apakah perlu membelu pakaian baru? Bila masih ada pakaian yang layak untuk dipakai di hari raya, gunakanlah.!

Buat anggaran mudik. Masukkann dalam amplop anggaran untuk bensin, tol, dan parkir bila kita menggunakan kendaraan. Amplop lainnya untuk jajan dan oleh-oleh. Jangan campur dengan dengan dana lain. Hal ini tujuannya agar kita tidak kehabisan ongkos pulang.

Rencanakan pembelian hadiah Lebaran. Terutama untuk kerabat saat kita berada di kampung halaman. Agar supaya biaya terkontrol maka buat terlebih dahulu daftar penerima hadiah Lebaran. Amplop-amplop berisi uang atau hadiah Lebaran itu juga sebaiknya sudah kita siapkan di rumah. Jangan lupa tuliskan masing-masing namanya.

Dana jajan diperjalanan mudik, karena harga-harga makanan bisa naik dua kali lipat, jika masih bisa membawa makanan dari rumah, bawalah. tentunya membuat kita bisa lebih berhemat.

usahakan THR yang kita terima masih ada sisa dan bisa kita tabung sebagiannya, caranya bagai mana? Jika kita sudah membuat anggaran untuk THR, kita akan tahu seberapa besar dana yang dibutuhkan. Apabila kebutuhan melebihi dari THR lakukan saja evaluasi anggaran, lalu pilih mana yg masih bisa dihemat. Langsung sisihkann antara 10 sampai 40 persen dari THR untuk ditabungkan. Sisanya baru dibuat anggarannya.

Disadur ulang dari Ummi edisi 07/2013

Iklan